Implementasi Sistem informasi dalam Pengelolaan Pemasaran E-Commerce (CLAP)

Image result for aplikasi clap promo

Clap adalah customer loyalty app, untuk pelaku UMKM, terutama yang bergerak dibidang fashion yang belum dapat memperlakukan pelanggan dengan baik. Perilaku kepada pelanggan adalah poin penting bagi perusahaan.

Problem with the traditional file environment.
– Data redundancy : duplicate data
– Data inconsistency : different value
– Program Data Dependence :
– Lack of flexibility
– Poor security
– Lack of data sharing and availability

Merchant :
Kesulitan mengelola data pelanggan, dan sulit mengetahui customer loyal dengan profil nya.

– Mencatat data secara manual
-‎ Tidak lengkap data nya
-‎ Transaksi tidak tercatat (scattered)
-‎ Tidak dapat mengklasifikasikan pelanggan yang loyal.

End User :
Kesulitan mendapatkan informasi dari merchant favorite mereka.

– Informasi penawaran yang menarik
-‎ Penawaran yang tidak sesuai kebutuhan
-‎ Tidak dapat mengklasifikasikan pelanggan yg loyal.

Saat membuka aplikasi CLAP, anda akan diarahkan untuk megisis data diri secara lengkap . CLAP akan memberikan solusi kepada merchant dengan memberikan informasi data pelanggan yang lengkap secara valid. Dengan adanya promo, pelanggan diberikan informasi mengenai adanya promo yang sedang berlangsung.

Solution :

– Relevant offering
– Messaging
– Profiling

Ketiga solusi tersebut, diberikan oleh CLAP, baik kepada merchant maupun kepada end users (pelanggan). Data yang diberikan pun sudah di klasifikasi sehingga merchant dapat mengoptimalkan data yang ada untuk meningkatkan penjualan mereka.

CLAP dibagi menjadi 2 :

1.Mobile app yang ditujukan untuk pelanggan.

2.Web yang ditujukan untuk merchant.

Untuk merchant terdapat dashboard yang berisikan statistik yang akan mendukung keputusan bisnis para pelaku usaha. Selain itu, merchant akan mendapatkan report berupa trend penjualan dan pertumbuhan dari customer mereka.

6 Strategic Business Objectives That Can be Achieved by Investing in Info Sys
-Operational Excellence
-‎New products, services, and business models
-‎Customer and supplier intimacy
-‎Improved decision making
-‎Competitive advantage
-‎Survival

Four generic strategies for dealing with competitor
-Low cost leadership
-‎Product differentiation
-‎focus on market
-‎strengthen custom and sup intimacy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *